barang-yang-tidak-boleh-dipinjamkan

OktoMedia – Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang lumrah untuk meminjamkan sesuatu kepada teman. Nyatanya, bertukar benda pribadi dengan orang lain berisiko menularkan banyak penyakit. Apa saja benda pribadi yang dapat menjadi sumber penularan penyakit?

handuk

1.     Handuk

Berbagai kuman yang berasal dari kulit dapat hidup pada handuk dan menjadi sumber penularan penyakit. Jika teman Anda ingin meminjam handuk, berikanlah handuk baru. Setiap handuk yang telah digunakan lebih baik diganti seminggu sekali dan digantung dalam ruangan agar kering.

sikat-gigi

2.     Sikat gigi

Sikat gigi merupakan benda pribadi yang tidak boleh dipinjamkan. Selama proses penggosokan gigi, akan terjadi kerusakan jaringan bahkan perdarahan gusi.

Jika digunakan secara bergantian, tentu hal ini akan menularkan berbagai penyakit. Beberapa contoh penyakit yang ditularkan melalui darah adalah HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

pisau-cukur

3.     Pencukur kumis

Apakah mungkin menularkan penyakit dari benda ini? Jawabannya adalah mungkin.

Pencukur kumis berpotensi menimbulkan luka pada kulit, yang pada akhirnya menyebabkan perdarahan. Selain itu, pencukur kumis juga berpotensi menularkan bakteri yang berasal dari berbagai penyakit kulit, seperti kutil dan bisul.

sabun

4.     Sabun

Sabun batang merupakan salah satu media penularan penyakit. Walaupun bermanfaat sebagai pembersih tubuh, kuman sangat mudah berkembang pada sabun batang karena kondisinya yang basah. Agar lebih aman untuk dipakai bersama-sama, gunakanlah sabun cair.

fakta-deodorant

5.     Deodoran

Penggunaan deodoran dalam bentuk roll-on dapat menyebabkan tertempelnya berbagai sel kulit dan rambut pada deodoran. Permukaan yang lengket juga berpotensi menjadi sumber penularan berbagai jenis bakteri kulit.

Masih banyak lagi benda-benda yang sebaiknya tidak dipakai bersama. Seperti gunting kuku, lip balm, hingga anting. Jadi, pertimbangkan kembali jika Anda ingin meminjamkan benda-benda tersebut.

Sumber – Klikdokter.com